Destinasi Wisata Hutan Lindung Kota Langsa Aceh | Edisi Trip Berkeliling

Destinasi Wisata Hutan Lindung Kota Langsa Aceh | Edisi Trip Berkeliling - Hallo berjumpa lagi dengan saya Peri Apontus Berutu admin sekaligus salah satu mahasiswa angkatan 2015 Universitas Samudra Langsa. Empat tahun sudah saya menetap di kota Langsa ini membuat saya tentunya sudah mengunjungi berbagai tempat wisata di dalamnya termasuk wisata Hutan Hindung yang menjadi topik bahasan kita kali ini.

Wisata Hutan Lindung Kota Langsa

Langsa yang dikenal dengan keanekaragaman kulinernya yang sangat murah dan enak di dalamnya juga menyimpan berbagai tempat wisata yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Taman Hutan Lindung Kota Langsa. Berlokasi di Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Tak sulit untuk bisa sampai kesana. Dari jalan besar Jenderal Ahmad Yani silahkan gunakan google map. Ikuti saja petunjuknya. Dalam waktu 20 menit anda akan sampai.

Saat ini pemerintah kota Langsa memang sedang menggalakkan pembangunannya. Terbukti dalam kurun waktu 4 tahun terakhir begitu banyak perubahan yang telah tercipta. Mulai dari pintu gerbang, rumah pohon, jembatan, dan berbagai tempat lainnya.

Saya akan menceritakan keindahan dan fasilitas yang disediakan dari sisi yang berbeda (layakanya seperti perjalan pribadi).

Setelah sampai di pintu gerbang hutan lindung akan dikenakan biaya parkir Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp.2000 untuk kendaraan roda dua. Lokasi parkir tepat di depan pintu gerbang masuk. Lalu untuk memasuki kawasan hutan lindung akan dikenakan lagi tarif masuk sebesar Rp. 5000 per orang. Berbeda dulu ketika awal saya kuliah (akhir tahun 2015) biaya masuknya gratis.

Setelah melewati pintu gerbang akan disuguhkan rimbunnya pepohonan pinus. Terdapat jalan tapak kecil dari semen. Silahkan ikuti saja. Sepuluh meter setelah berjalan dan di samping kiri anda akan melihat semacam permainan uji nyali (saya kurang tahu namanya) tapi jika anda ingin mencobanya akan dikenakan tarif Rp.10.000 per orang. Lalu tepat disampingnya terdapat permainan perahu bebek. Untuk tarifnya saya kurang ingat (antara Rp.15.000 - Rp.30.000 per orang per 30 menit).

Jika tetap mengikut jalan setapak kecil yang tadi makan disuguhkan lagi berbagai pemandangan rumah pohon kira-kira setinggi 3-7 meter. Untuk tarifnya akan dikenakan Rp.2.000 per orang. Dari atas anda akan bisa melihat pemandangan sekeliling yang luar biasa indah atau sekedar beristirahat bersantai dengan keluarga.

Jika tetap lurus mengikuti jalan setapak maka anda melihat berbagai desain rumah aceh. Suasana disana lumayan tenang. Terdapat fasilitas tempat duduk juga. Namun jika penasaran dengan isi dalam rumah aceh tersebut, anda cukup membayar Rp.2000 per orang sekali masuk. Dari luar jika anda menghapap depan pintu rumah aceh lalu disamping kanan anda sekeberang maka terdapat fasilitas lain yang masih dalam tahap pembanguan. Saya kurang tahu akan dibangun apa nanti. Namun jika anda melihat dari kejauhan nampak juga ada bekas kendaraan militer dulu.

Jika anda kembali ke pintu gerbang mengikuti jalan yang setapak tadi (20 meter sebelum pintu gerbang) di samping kanan akan ada jembatan yang kurang lebih sepanjang 20 meter. Jembatan tersebut pernah sekali putus namun sekarang sudah diperbaiki dan dihias menjadi lebih Cantik.

Jembatan Hutan Lindung

Ikuti saja jembatannya, setelah itu akan ada setapak kecil lagi, belok kiri, maka akan disuguhkan lagi pemandangan berbagai hewan-hewan yang dilingungi pemerintah. Mulai dari Kura-Kura, Buaya, Ular Piton, Kijang, Rusa, Burung, Monyet, Elang, Landak, dan berbagai hewan lainnya. Anda bisa mengelilingi berbagai hewan tersebut dalam sekali jalan.

Setelah itu disampingnya juga terdapat berbagai warung makan yang memanjakan lidah dengan harga murah-murah. Lalu diujungnya lagi akan terdapat hiasan taman dengan berbagai macam pohon dan bunga. Disediakan juga fasilitas tempat duduk. Jadi anda bisa sekalian bersantai.

Selesai. Anda telah mengelilingi seluruh kawasan hutan lindung kota langsa.

Rangkuman :
1. Harga
  • Biaya Parkir Rp.5000 untuk kendaraan roda empat dan Rp.2000 untuk kendaraan roda dua.
  • Tiket masuk Rp.5000 per orang
  • Rumah pohon Rp2.000 per orang
  • Permainan ayuan extrem uji nyali Rp.10.000 per orang
  • Permainan bebek dayung kurang lebih Rp.20.000 per orang per tiga puluh menit
  • Masuk rumah aceh Rp.2000 per orang
  • Makan rusa atau Kijang Rp.2000 per porsi
  • Toilet Rp.2.000 per orang
2. Fasilitas
  • Permainan ayunan extrem uji nyali
  • Permainan bebek dayung
  • Rumah Pohon
  • Rumah Aceh
  • Hutan Pinus
  • Tempat duduk Strategis
  • Jembatan Ayun
  • Berbagai hewan-hewan yang dilindungi
  • Taman Kota
Begitulah kira-kira penggambaran seluruh kawasan hutan lindung kota Langsa update agusutus 2019. Bagi kalian dari luar kota yang berencana liburan dan belum menemukan tempat wisata yang akan dituju, saya merekomendasikan hutan lingdung kota langsa ini. Dan semoga apa yang saya tulis ini membantu refrensi anda dan menuntun anda untuk menikmati keindahan tempat wisata ini sepenuhnya. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Destinasi Wisata Hutan Lindung Kota Langsa Aceh | Edisi Trip Berkeliling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel